Wednesday, January 13, 2010

PIP

MATERI PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
2SKS


A. Isu-isu pelaksanaan pendidikan yang terjadi di Indonesia (oleh Amich Alhumami)
1. Peningkatan mutu: Isu mutu pendidikan terkait (i) kualitas guru dan tenaga kependidikan (kepala sekolah, pengawas, penilik), (ii) kurikulum pengajaran, (iii) metode pembelajaran, (iv) bahan ajar, (v) alat bantu pembelajaran, dan (vi) manajemen sekolah. Keenam elemen ini saling berkait dalam upaya meningkatkan kualitas belajar-mengajar, yang berpuncak pada peningkatan mutu pendidikan.
2. Pemerataan akses: Pemerataan pendidikan merupakan isu paling kritis karena berkait erat dengan isu sensitif, yakni keadilan dalam memperoleh akses pendidikan. Memperoleh pendidikan yang layak merupakan hak asasi setiap warga bangsa yang dijamin konstitusi. Maka, pemerintah wajib memberi pelayanan pendidikan yang baik kepada seluruh masyarakat. Keberhasilan pelayanan pendidikan dapat dilihat dari angka partisipasi.
3. Efisiensi anggaran: Rendahnya alokasi anggaran pendidikan selalu mengemuka dalam perdebatan publik. Banyak pihak menuntut agar alokasi anggaran pendidikan dinaikkan guna mencapai tujuan (1) meningkatkan mutu dan (2) memperluas akses (pemerataan). Pemerintah telah memberi komitmen untuk meningkatkan anggaran pendidikan secara bertahap agar mencapai 20 persen dari APBN.

B. Pendidikan harus tetap berlanjut sepanjang hidup manusia! (oleh Hartoto)
PSH bertumpu pada keyakinan bahwa pendidikan itu tidak identik dengan persekolahan, PSH merupakan sesuatu proses berkesinambungan yang berlangsung sepanjang hidup. Ide tentang PSH yang hampir tenggelam, yang dicetuskan 14 abad yang lalu, kemudian dibangkitkan kembali oleh comenius 3 abad yang lalu (di abad 16). Selanjutnya PSH didefenisikan sebagai tujuan atau ide formal untuk pengorganisasian dan penstrukturan pengalaman pendidikan. Pengorganisasian dan penstruktursn ini diperluas mengikuti seluruh rentangan usia, dari usia yang paling muda sampai paling tua.(Cropley:67)
Berikut ini merupakan alasan-alasan mengapa PSH diperlukan:
1. Rasional
2. Alasan keadilan
3. Alasan ekonomi
4. Alasan faktor sosial yang berhubungan dengan perubahan peranan keluarga, remaja, dan emansipasi wanita dalam kaitannya dengan perkembangan iptek
5. Alasan perkembangan iptek
6. Alasan sifat pekerjaan

C. Faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk memilih metode yang tepat dalam proses pendidikan (oleh Pak Dhe Sofa)
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar di antaranya adalah faktor tujuan pembelajaran, karakteristik materi pelajaran, faktor siswa, faktor alokasi waktu, dan fasilitas penunjang. Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan yang banyak melibatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru. Untuk mencapai tujuan pengajaran perlu adanya metode mengajar. Pemilihan metode mengajar harus mempertimbangkan pengembangan kemampuan siswa yang lebih kreatif inovatif dan dikondisikan pada pembelajaran yang bersifat problematis. Pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar secara mandiri dan belajar secara kelompok. Metode mengajar memiliki fungsi sentral dalam pembelajaran diantaranya yaitu sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang harus dikembangkan berdasarkan ranah tujuan kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah tujuan tersebut akan memungkinkan dicapai pada tujuan yang bersifat umum. Setiap pemilihan metode mengajar harus didasarkan pada hasil kajian antara perilaku yang diharapkan dengan cara yang akan ditempuh dalam pembelajaran.
D. 4 (empat) aliran pendidikan yang anda ketahui dan jelaskan perbedaan pandangan dari keempat aliran pendidikan tersebut!
1. Aliran nativisme”perkembangan seorang anak ditentukan oleh pembawaannya”.
2. Aliran naturalisme (JJ Rousseu)”anak itu lahir dengan sifat-sifatnya sesuai dengan alamnya sendiri”
3. Aliran predestinasi/predeterminasi”perkembangan anak ditentukan oleh nasibnya”.
4. Teori Empirisme atau Tabularasa (John Lock)”anak dilahirkan dalam keadaan bersih, tidak ada pembwaan apa-apa seperti sehelai kertas yang masih kosong”.
5. Teori Konvergensi:Perkembangan anak tidak hanya ditentukan oleh pembawaan saja dan tidak oleh lingkungan saja akan tetapi oleh dua-duanya.
6. Emanual Kant”manusia tidak lain adalah hasil dari pendidikan ,oleh karena itu berarti bahwa pendidikan sanggup membuat manusia yang bagaimana saja”. dan lainnya mikir sendiri
E. 4 (empat) tantangan dalam menghadapi globalisasi yang dimaksud dan jelaskan yang anda tawarkan untuk menjawab tantangan tersebut!
Tantangan bagi Pendidikan Indonesia (Onno W. Purbo: Pengamat Pendidikan ITB)
1. Perubahan mendasar kebijakan dunia pendidikan
2. Pergeseran drastis paradigma pendidikan
3. Sumber ilmu pengetahuan tidak lagi terpusat pada lembaga pendidikan formal (SD, SMP, SMU, Perguruan tinggi) yang konvensional.
4. Kurikulum akan selalu berubah beradaptasi dengan berbagai perkembangan sesuai dengan collective wisdom yang diperoleh dari waktu ke waktu.
Penawaran:
1. Pembentukan platform untuk diskusi, komunikasi & pengambilan keputusan
2. Akumulasi pengetahuan yang dihasilkan secara lokal
3. Re-engineering metoda pengajaran & pendidikan
4. Sertifikasi Global & Akreditasi professional
5. Orientasi global
6. Partnership & Aliansi strategis
7. Re-engineering management kampus, utk menghilangkan dimensi fisik kampus
8. Re-engineering management kampus, untuk menghilangkan dimensi waktu
9. Re-engineering otoritas perguruan tinggi
F. Dampak perkembangan teknologi bagi perilaku manusia!
1. Footless Humanity: manusia tanpa kaki
2. Placeless Society: masyarakat tanpa tempat
3. Vertical Organization: manusia tidak tergantung tempat dan waktu
4. Limited Information: masyarakat tanpa batasan informasi

No comments: